Kembali ke halaman sebelumnya

CAT BKN Penuhi Tantangan Penerimaan CPNS tanpa KKN

Details

Created on Friday, 13 September 2013 08:15

Hits: 1577

Jakarta-Humas BKN, Salah satu tantangan instansi pemerintah adalah melaksanakan penerimaan CPNS secara bersih tanpa Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Untuk itu, Badan Kepegawaian Negara telah menggagas dan mengembangkan Computer Assisted Test (CAT) sebagai metode tes penerimaan pegawai yang obyektif dan dapat dipercaya. Arahan ini disampaikan Kepala BKN Eko Sutrisno saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) tahun 2013 dengan CAT di Aula BKN Jakarta,Kamis (12/9). Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Kepala Bima Haria Wibisana dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto. Para peserta rakor ini berasal dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah yang memanfaatkan CAT dalam TKD-nya.

 

 Ditandaskan pula bahwa metode CAT yang dikembangkan BKN dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) memiliki karakter dan keunggulan masing-masing. Salah satu keunggulan CAT adalah para peserta tes langsung mengetahui skor/nilainya masing-masing setelah selesai mengerjakan tes. “Baik menggunakan CAT atau pun LJK, yang utama adalah pelaksanaan tes berlangsung dengan transparan, obyektif,akuntabel, dan tanpa KKN,”tegasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Bima Haria Wibisana menekankan bahwa para pelamar CPNS harus melakukan registrasi online di web sscn.bkn.go.id atau pun di web instansi pemerintah yang dilamar. Terkait penerimaan pegawai ini, BKN pun menjalin kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri gunamenyediakan,menyusun, dan melakukan validasi soal untuk TKD dalam penerimaanCPNS tahun ini.

 

Dalam laporannya, Aris Windiyanto melaporkan bahwa hingga saat ini, tercatat 70 instansi pemerintah yang akan berkoordinasi dengan BKN untuk melaksanakan TKD dengan menggunakan CAT. Instansi tersebut terdiri dari 49 Kementerian/Lembaga, 8 Pemerintah Provinsi , dan 13 Pemerintah Kabupaten/Kota. 




Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

Pilih
Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia


Alamat : Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 16 Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan
Telepon : (0734) 424557
Fax : (0734) 424557
Email : bkpsdm@muaraenimkab.go.id / bkpsdmmuaraenim@gmail.com -

Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (382508 Kunjungan)
  • Hits (382508 Kunjungan)
  • Hari Ini (363 Kunjungan)
  • Kemarin (330 Kunjungan)